Apa ciri ciri usaha dalam bentuk koperasi jelaskan

Berikut ini Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa ciri ciri usaha dalam bentuk koperasi jelaskan

1. Bekerja secara sukarela
Ciri-ciri usaha dalam bentuk koperasi yang pertama adalah dilakukan secara sukarela. Tidak ada paksaan ataupun imbal jasa didalam pelaksanaannya. Koperasi adalah jenis usaha yang menerapkan sistem kekeluargaan dalam pelaksanaanya. Karena itulah walaupun bekerja secara sukarela, tetap tidak ada keberatan dari para anggotanya. Moh. Hatta sendiri yang merupakan pengagas koperasi mengatakan bahwa koperasi berdiri berdasarkan semangat tolong menolong.
2. Memperhatikan setiap anggota yang dimiliki
Kelebihan lain dari usaha dalam bentuk koperasi adalah perhatian terhadap para anggota yang dimilikinya. Perhatian ini sudah menjadi sebuah prinsip tidak tertulis dalam badan hukum koperasi yang menjadi ciri khas koperasi. Dan salah satu bentuk perhatian yang diberikan koperasi itu adalah memperhatikan hak dan kewajiban para anggotanya.
3. Keanggotaan bersifat terbuka
Tidak ada syarat khusus bagi anda jika ingin bergabung sebagai anggota koperasi. Hal ini terjadi karena koperasi memiliki keanggotaan yang bersifat terbuka. Artinya, siapapun anda, darimana asal anda, atau apapun latar belakang anda, anda tetap bisa menjadi anggota koperasi. Selain usaha dalam bentuk koperasi, tidak ada badan usaha lain yang merekrut anggota secara terbuka seperti usaha dalam bentuk koperasi.

Begitulah Jawaban Soal Pelajaran Tentang Apa ciri ciri usaha dalam bentuk koperasi jelaskan Semoga Membantu.

Baca Juga  Nabi yunus as diutus untuk kaum